Kamis, 28 Agustus 2014

Struktur Navigasi

Menurut Oetomo, dkk (2007:117) menjelaskan bahwa “Struktur navigasi adalah alur yang digunakan dalam aplikasi program yang dibuat“. Sebelum menyusun aplikasi multimedia kedalam sebuah software, harus menentukan terlebih dahulu alur apa yang akan digunakan dalam aplikasi tersebut.
Bentuk dasar struktur navigasi ada empat macam, yaitu:
a. Struktur Navigasi Linear
Struktur navigasi linear merupakan struktur yang mempunyai satu rangkaian cerita berurutan. Struktur ini menampilkan satu demi satu tampilan layer secara berurutan menurut aturannya.

Sumber: Oetomo, dkk (2007:117)
Gambar II.1.
Struktur Navigasi Linear
b. Struktur Navigasi Hierarchical
Struktur navigasi Hierarchical sering disebut struktur navigasi bercabang, yaitu merupakan struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data atau gambar pada layer dengan kriteria tertentu. Tampilan pada menu utama disebut master page (halaman utama satu), halaman tersebut mempunyai percabangan yang disebut slave page (halaman pendukung) dan jika dipilih akan menjadi halaman kedua, begitu seterusnya.

Sumber: Oetomo, dkk (2007:117)
Gambar II.2.
Struktur Navigasi Hierarchical

c. Struktur Navigasi Non Linear
Struktur navigasi non linear (tidak terurut) merupakan pengembangan dari struktur navigasi linear, hanya saja pada struktur ini diperkenankan untuk membuat percabangan. Percabangan pada struktur non linear berbeda dengan percabangan pada struktur hierarchical, pada struktur ini kedudukan semua page sama, sehingga tidak dikenal adanya master atau slave page.

Sumber: Oetomo, dkk (2007:117)
Gambar II.3.
Struktur Navigasi Non Linear
d. Struktur Navigasi Composite
Struktur navigasi campuran (composite) merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan disebut juga struktur navigasi bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuat percabangan. Struktur ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi mulitimedia.

Sumber: Oetomo, dkk (2007:117)
Gambar II.4.
Struktur Navigasi Composite

1 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh minta ini dari buku judulnya yang judulnya apa yah ?