Kamis, 28 Agustus 2014

Hypertext Markup Language (HTML)

Menurut Anhar (2010:40) menjelaskan bahwa “Hypertext Markup Language (HTML) adalah sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang digunakan untuk menampilkan halaman pada web browser”.
Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML pertama kali dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-Lee Robert ketika mereka bekerja di CERN, sebuah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa-Swiss pada tahun 1989.
HTML diawali dan diakhiri dengan suatu perintah yang sudah baku yang disebut dengan tag dan diantara kedua tag tersebut terdapat nilai-nilai dan atribut-atribut. HTML merupakan bahasa pemrograman yang fleksibel karena bisa meletakkan script dari bahasa pemrograman lain seperti PHP, Javascript, VB dan C.
Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan sembarang editor (misalnya notepad). Dokumen HTML merupakan halaman situs yang dibaca browser dan berisikan informasi tentang halaman situs tersebut. Dokumen HTML harus disimpan dalam sebuah file dengan ekstensi “.html. Tidak seperti bahasa pemrograman lainnya, HTML tidak mengenal jumping ataupun looping. Script-script HTML dibaca oleh browser dari atas kebawah tanpa ada pengulangan ataupun lompatan.
Jika HTML tidak dapat mendukung suatu perintah pemrograman tertentu browser tidak akan menampilkan kotak dialog syntax error, jika terdapat penulisan kode yang keliru pada skrip HTML. Hypertext dalam HTML berarti bahwa kita dapat menuju ke suatu tempat, misalnya website atau halaman homepage lain, dengan cara memilih suatu link ke website atau homepage halaman lain, hypertext ini juga memungkinkan kita menuju ke salah satu bagian dalam suatu teks itu sendiri. Sedangkan Markup Language merupakan suatu fasilitas yang berupa tanda tertentu dalam skrip HTML dimana kita bisa merancang judul, garis, tabel, gambar dan lain-lain dengan perintah khusus. Adapun elemen pada HTML yang akan memisahkan dokumen menjadi beberapa bagian, antara lain:
a. Elemen <HEAD>…</HEAD> : merupakan bagian untuk menuliskan keterangan mengenai judul dokumen, nama pengarang dan lain-lain.
b. Elemen <BODY>…</ BODY > : merupakan bagian untuk menuliskan kode-kode Layout untuk tampilan homepage.
c. Elemen <FRAMESET >…</FRAMESET > : merupakan bagian untuk meletakan kode-kode frame.
Sedangkan tag hanyalah bagian dari elemen. Tag adalah kode-kode yang digunakan untuk men-setting dokumen HTML.

 

Daftar Pustaka :

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP dan Mysql. Jakarta: Media Kita.

0 komentar: