Kamis, 28 Agustus 2014

Analisa Website E-Commerce

OLX Indonesia

(sebelumnya bernama tokobagus.com) merupakan sebuah situs dimana perseorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk serta jasa secara online. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.

  1. Sejarah

Berdiri pada April 2005, Tokobagus.com memulai konsep media jual beli online GRATIS di Indonesia secara ulet. Dengan menggunakan promosi pada saluran TV lokal, radio, dan stiker - stiker yang dibagikan, TokoBagus.com sekarang sudah menjadi media jual beli online yang sangat terkenal dan terpercaya di Indonesia. Dengan promosinya yang kini sudah mencakup TV nasional dan daerah TokoBagus.com sudah menjadi solusi bagi penjual yang tidak memiliki lahan dagang maupun pembeli online.

TokoBagus.com mempunya kantor yaitu PT Toko Bagus, berkantor pusat di Denpasar, Bali. Dulu promo-promo mereka terfokus hanya di Bali dan sekitarnya saja, tetapi kini mereka sering melakukan promo ke luar kota yang sering diadakan pada festival atau pameran komputer.

Dengan 40 kategori yang tersedia mulai dari alat-alat musik, anak-anak dan bayi, buku hingga ke mobil, motor, properti dan lain-lain, TokoBagus.com sudah menjadi situs media jual beli online yang sangat lengkap. Bayangkan ada 40.000 lebih barang yang di pajang hanya pada kategori anak-anak dan bayi saja, dan itu pun akan bertambah setiap menitnya.
Dan dengan fitur-fitur yang terus diperbaharui dan diperbaiki, tidak diragukan lagi bahwa orang - orang yang ada dibalik berjalannya TokoBagus.com adalah orang - orang yang ulet dan pantang menyerah sehingga menghasilkan web/situs yang sangat besar keberadaannya dan pengaruhnya di Indonesia. Tidak sama dengan situs - situs lokal lain yang lebih memilih mempromosikan situsnya secara online atau dengan mengadakan acara dan gathering, TokoBagus.com sudah mencakup TV Nasional, dan itu membuktikan betapa suksesnya TokoBagus.com.

Agar anda tidak penasaran dengan apa itu TokoBagus.com secara jelas, silahkan mencobanya sendiri tanpa dipungut biaya sepeser pun, karen TokoBagus.com sejak pertama dibentuk sampai sekarang selalu menekankan elemen gratis pada promo

Sumber:http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/2217191-www-tokobagus-com/#ixzz2CkOMvi00

  1. Sumber Pendapatan

Sumber revenue tokobagus dari hasil penjualan "Promo point", penjualan space banner (namun sekarang sudah tidak ada lagi), juga datang dari Google adsense.

  1. Kekurangan


  • Tidak ada fitur “SUNDUL GAN” (menaikkan ratting suatu lapak yang menjual suatu barang,lapak disini maksudnya adalah kolom yang disediakan bagi para penjual barang). jadi lapak kita akan semakin tenggelam dengan banyaknya lapak-lapak yang baru saja dibuat oleh para penjual lainnya.

  • Tidak ada kebebasan dalam berkreasi di dalam lapak.

  • Tidak terlihat adanya aktivitas jual beli atau diskusi antara penjual dan pembeli. jadi kelihatannya seperti penipuan barang online.


  1. Kelebihan


  • Ada fitur “Verified Member” dimana kita bisa lebih meyakinkan pembeli bahwa kita adalah penjual yang sudah termasuk verified member.

  • Terkadang TokoBagus.com sendiri yang kerja keras memasarkan produk-produk para penjual lewat facebook dan google.






ZALORA

ZALORA Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional.

  1. Sejarah

Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina.

Zalora merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek dari Rocket Internet. Di Indonesia Zalora berada di bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.

  1. Sumber Pendapatan

Sejak diluncurkan pada tahun 2012, Zalora telah berkembang pesat dengan dukungan dana sekitar USD 100 juta dari JP Morgan dan beberapa perusahaan ekuitas swasta. Dalam hal pendanaan e-commerce fashion di Asia Tenggara, Zalora menerima lebih dari dua kali lipat pendanaan pada tahun 2013 dibanding dengan yang diterima oleh saingannya yakni Reebonz.

Meski Zalora memperoleh pendapatan yang besar, perusahaan ini melakukan kampanye pemasaran yang agresif, sehingga mengalami kerugian sebesar USD 91 juta pada tahun 2012. Bagaimanapun, perusahaan ini berharap menghasilkan profit di tahun 2015.

  1. Kekurangan


  • Websitenya semakin berat.

  • Kurang begitu mengupdate yang terbaru.


  1. Kelebihan


  • Dapat di lihat melalui HP.

  • Tampilannya yang menarik.

  • Barang dapat di kembalikan jika tidak puas dengan barang yang sudah di pesan dan di beli dengan syarat & ketentuan yang berlaku.

  • Gratis ke seluruh Indonesia. Tanpa minimum untuk Jabodetabek. Untuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan, akan dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di bawah Rp 200,000. Untuk Wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara, akan dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di bawah Rp 300,000.






BERNIAGA

Berniaga.com adalah salah satu situs yang berbasis e-commerce yang ada di Indonesia. berniaga.com adalah sebuah gagasan sederhana jual dan beli, hampir semua barang-barang berbagai jenis yang ingin anda jual atau beli seperti mobil, barang-barang elektronik dan lain-lain ada di berniaga.com. Berniaga.com memiliki beberapa cara yang mudah dan aman dalam mempertemukan antara pembeli dan penjual.

  1. Sejarah

Didirikan : Desember 2009.

Lokasi : Menara Prima 22nd Floor Unit F, Jl Lingkar Mega Kuningan Blok 6.2, Jakarta, Jakarta, Indonesia 12950

Produk : berniaga.com – Jualnya Gampang. Belinya Senang

Berniaga adalah situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli. Situs Berniaga ini beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM). Berniaga.com ini sudah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti, kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya.

  1. Sumber Pendapatan

Diungkap oleh salah satu pihak marketing berniaga.com katanya setengah tahun yang lalu, berniaga belum punya penghasilan sama sekali. Pernah juga ketemu tim berniaga.com katanya memang begitu mereka menghabiskan dana banyak dulu, revenue dipikir akhir, intinya pencitraan dulu.

  1. Kekurangan

Tidak menerima atau tidak memperbolehkan jual beli secara tidak langsung melainkan harus bertemu dengan pembelinya hal ini memang untuk keamanan seperti yang di ungkapkan oleh berniaga.com tetapi menurut saya kurang efisien.



  1. Kelebihan

Kelebihan dari berniaga.com banyak fitur dan mudah dalam menetukan lokasi penjual dan lebih aman karena kita yang menghampiri penjual tersebut.



sumber : google

created by : agus lilin kecil

0 komentar: