Kamis, 28 Agustus 2014

Internet


  1. Sejarah Internet

Menurut Oetomo, dkk (2007:6) menjelaskan bahwa “internet berasal dari impian J.C.R. Licklider (1915-1990), seorang psikolog di Massachessetts Institute Of Technology, tentang sebuah Galatic Networks diawal tahun 1960-an”. Kemudian ketika Licklider bekerja di Advanced Research Project Agency (ARPA) di Pentagon, Lawrence G. Robert mencoba mewujudkan impiannya. Internet dikembangkan dalam suatu penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARRPANet). Beberapa elemen ARPANet disumbang oleh para periset seperti Leonard Kleinrock dan Paul Baran di Amerika Serikat serta Donald W. Davies di Inggris. Masing-masing membuat pendekatan untuk packet switching yang menjadi solusi untuk berbagai hambatan bandwith. Sementara itu, Roberts meminta bantuan Vinton G. Cerf dan Robert E. Khan untuk mengembangkan sebuah protokol kontrol jaringan yang berfungsi menata kekacauan rencana packet switching. Diakhir 1970-an, mereka berhasil menyempurnakannya menjadi Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP) yang masih digunakan hingga sekarang.

Perkembangan teknologi internet sempat surut hingga tahun 1990-an. Internet menjadi populer kembali sejak tahun 1995 dan ditandai bertambahnya secara drastis domain komersial dan jaringan World Wide Web (WWW).



  1. Pengertian Internet

Internet berasal dari bahasa Latin “inter”, yang berarti antara. Menurut Oetomo, dkk (2007:117) mengemukakan bahwa “internet merupakan sekumpulan jaringan yang terhubung satu dengan yang lainnya, dimana jaringan menyediakan sambungan menuju global informasi “.



Daftar Pustaka :

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma, Esther Wibowo, Eddy Hartono dan Samuel Prakoso.2007. Pengantar Teknologi Informasi Internet Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

0 komentar: