Kamis, 28 Agustus 2014

E-Commerce

Menurut Siregar (2010) dalam Irmawati (2011) menjelaskan bahwa “Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau tukar produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer”. E-Commerce merupakan bagian dari e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran e-commerce ini.
Menurut Rahmawati (2009) dalam Irmawati (2011) menjelaskan bahwa “E-Commerce singkatan dari Electronic Commerce yang artinya sistem pemasaran secara atau dengan media elektronik. E-Commerce ini mencakup distribusi, penjualan pembelian, marketing dan service dari sebuah produk yang dilakukan dalam sebuah system elektronika seperti internet atau bentuk jaringan komputer yang lain. E-Commerce bukan sebuah jasa atau sebuah barang, tetapi merupakan perpaduan antara jasa dan barang. E-Commerce dan kegiatan yang terkait melalui internet dapat menjadi penggerak untuk memperbaiki ekonomi domestik melalui liberalisasi jasa domestik dan mempercepat integrasi dengan kegiatan produksi global. Karena e-commerce akan mengintegrasikan perdagangan domestik dengan perdagangan dunia, berbagai bentuk pembicaraan atau negosiasi tidak hanya akan terbatas pada aspek perdagangan dunia, tetapi bagaimana kebijakan domestik tentang pengawasan di sebuah negara. khususnya dalam bidang telekomunikasi, jasa, keuangan, dan pengiriman serta distribusi.

 

Daftar Pustaka :

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi ke-VI:2085-1375.

0 komentar: