Pages

Jumat, 03 Mei 2013

DFD Sistem Pembayaran Parkir Di Sebuah Toko

ANALISIS SITEM :
Sistem Yang Berjalan
Suatu sistem pengolahan data kendaraan  merupakan salah satu sistem yang penting selain sistem keamanan, sistem penempatan kendaraan, dsb. Kesemua sistem tersebut merupakan bagian dari sistem yang lebih besar, yaitu sistem Perpakiran.

Dalam Sistem Pengolahan Data Kendaraan yang ada di toko buku ini, sering dijumpai masalah - masalah sperti : kurangnya perhitungan waktu yang tepat untuk menetapkan besaran biaya yang harus dibayar oleh pengguna jasa parkir. Hal ini dikarenakan sistem yang digunakan masih menerapkan sistem karcis. Sehingga waktu yang terhitung dan besarnya tarif yang diberlakukan masih menggunakan perhitungan manual. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan kepastian, baik dalam hal perhitungan waktu, maupun dalam hal menentukan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna jasa.

Sistem yang diusulkan
Sistem Pembayaran Parkir yang baru akan berawal dari sebuah kendaraan bermotor masuk ke dalam area perpakiran. Pada saat kendaraan tersebut melalui pintu masuk area, maka dilakukan pendataan oleh petugas pintu masuk. Pengguna jasa akan diberikan informasi mengenai area parkir yang kosong.

Dari pendataan yang dilakukan oleh petugas, data tersebut akan diproses lagi pada saat kendaraan akan keluar melalui pintu keluar area. Dan hasil data yang telah diproses akan dijadikan ukuran dalam menentukan lamanya waktu yang digunakan dan besarnya biaya yang akan dikeluarkan oleh pengguna jasa parkir tersebut.

PEMBAHASAN
dari studi kasus di atas dapat dibuatlah suatu diagram alir data (DFD) sebagai berikut :
  • Diagram Konteks



  • Diagram Zero / Nol

KESALAHAN :
  1. Bila anda tak pernah melakukan kesalahan, ada baiknya anda melihat lagi langkah anda. Jangan2 anda tak melangkah setapak pun.
  2. Kesalahan memang tak mengenakan, namun seorang optimis lebih banyak belajar dari kesalahan daripada keberhasilan.
  3. Kesalahan menuntun anda untuk mempelajari kembali sesuatu yang terjadi.  Bukan Cuma itu, kesalahan memimpin anda untuk mengambil tindakan yang lebih baik.
  4. Kesalahan adalah kawan baik yang mengatakan secara samar apa yang harus anda kerjakan.
  5. Lihatlah kesalahan apa adanya, jauhkan prasangka, kesedihan dan ratapan bila kesalahan menimpa anda.
  6. Karena dibalik kesalahan tersimpan kesempatan yang tersembunyi.


0 komentar: